Zoya.co.id

musim hujan telah tiba, zoyalovers perlu melakukan beberapa tindakan seperti di bawah ini untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan fit selama musim hujan

Mengonsumsi vitamin

Tubuh kita akan melakukan penyesuaian saat adanya perubahan, termasuk perubahan musim. Selama proses penyesuaian ini, sistem imun tubuh menjadi lemah. Saat sistem kekebalan tubuh menurun, maka penyakit akan lebih rentan menyerang. Untuk itulah konsumsi vitamin amat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan sistem imun. Oleh sebab itu, konsumsi vitamin terutama vitamin C amat dianjurkan selama musim hujan. Hal ini dikarenakan kandung Vitamin C sangat dibutuhkan untuk memperkuat system imun dan metabolism tubuh. Kamu juga dapat memperoleh kandungan Vitamin C secara alami dari buah-buahan seperti buah jeruk, buah strawberry.

Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar

Selama musim penghujan, kondisi udara akan terasa lebih lembab dari biasanya. Kelembaban ini yang memicu sampah menjadi lebih cepat busuk. Hal ini dikarenakan pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur akan meningkat dan menyebabkan proses pembusukan sampah dan sisa makanan akan lebih cepat. Untuk itu, perlu tindakan untuk membersihkan lingkungan pada tempat yang berpotensi menjadi sarang kuman dan bakteri untukberkembang biak. Tindakan yang mudah dalam menjaga rumah dan lingkungan sekitar agar tetap bersih yaitu dengan mengubur atau membakar sampah, menutup lubang yang berpotensi membuat air hujan tergenang, menutup penampungan air, memotong ranting dan rumput yang terlalu rindang serta membuat sumur resapan agar air hujan dapat mengalir ke dalam tanah.

Perbanyak konsumsi air putih

Konsumsi air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan akan meningkatkan daya tahan tubuh. Air putih juga penting untuk membantu jalannya sirkulasi peredaran darah dan menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

Jaga pola makan dan pola tidur

Udara yang lembab biasanya membuat kita cenderung cepat lapar.Tetaplah makan di waktu yang seharusnya dan hindari makan berlebihan. Kamu juga harus menjaga pola tidur agar waktu istirahatmu cukup. Dengan menjaga pola makan dan tidur yang teratur akan memberikan efek yang baik bagi tubuh dikarenakan kebutuhan energi dan kecukupan tubuh untuk beristirahat tetap terjaga sehingga metabolisme tubuh pun akan bekerja maksimal.

 

-EuisRostika-