Berhijab  menutup aurat adalah kewajiban setiap muslimah. Aurat menurut bahasa Arabnya berarti bagian dari tubuh manusia kecuali telapak tangan dan muka, yang haram untuk dilihat ataupun dipegang. Dengan menutupi auratnya, seorang perempuan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan tidak menimbulkan hawa nafsu lawan jenisnya.

Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu” (Qs 33:59).

Banyak perempuan yang mengatakan belum siap untuk berhijab dengan berbagai alasan. Ada yang mengatakan harus bisa menjaga perilaku yang buruk sebelum berhijab dan ingin memperbaiki ibadah yang lain. Padahal, berhijab itu hukumnya wajib tanpa alasan apapun.

Bagi mereka yang sudah berhijab, menjaga dirinya agar tetap istiqomah pun sulit. Oleh karena itu, berikut ada beberapa hal yang bisa dilakukan bagi para perempuan muslimah yang ingin tetap taat:

  1. Pahami dan amalkan dua kalimat syahadat
  2. Kaji kandungan Alquran
  3. Konsisten

Demikian semoga bermaanfat bagi zoyalovers dimanapun berada. Armina)