media.zoya.co.id

Di hari pertama di kantor baru, kita merasa sangat optimistis dan antusias memulai petualangan baru betul nggak Zoyalovers?  Belum genap seminggu kita sudah mendapatkan komplain, entah itu dari teman kerja atau dari atasan langsung. Apakah  Namun, semangat mereka tidak tahu, bahwa kita masih berusaha beradaptasi dengan tempat kerja yang baru?

Bukannya berusaha meremehkan perasaan emosi yang timbul, tapi anggaplah keluhan atau kritik tersebut sebagai hadiah kesempatan mengembangkan diri.  Ucapkan terima kasih kepada kesempatan ini.

Orang-orang yang ada dalam lingkungan kerja kita adalah customer internal kita. Mereka perlu kita layani secara baik, terutama karena kita membutuhkan mereka dan mereka membutuhkan kita. Terkadang maksud sebenarnya dari si pemberi kritik adalah baik, namun mungkin penyampaiannya terkesan pedas.

Budaya kita cenderung tidak terbiasa dengan kritik secara langsung dan terbuka. Apa yang menurut kita “pedas” bisa menjadi hal biasa bagi lingkungan kantor tersebut. Hal terpenting yang perlu diingat adalah ketika orang lain memberikan kritik, berarti mereka masih memberikan kesempatan kita untuk mengembangkan diri. Maka, ucapkanlah terima kasih dan refleksikan kritik yang kamu terima. Jika memang ada landasan positifnya, maka saatnya kamu mengubah cara kerja.

 

-EuisRostika-